Kamis, 13 September 2012

Perahu Ketek!

This entry was posted on Friday, September 19th, 2008 at 2:13 
oleh : rasyid
kapal ketek atau biasa disebut kapal ketek adalah kapalnya orang palembang yang kecil dan gerakannya sangat pelan. alon-alon asal kelakon, nah pepatah inilah mungkin yang diusung oleh kapal ketek dalam menjalankan aktifitasnya sehari – hari mengantarkan masyarakat palembang menyebrang dari ilir ke ulu ataupun jalan2 menyusuri sungai musi untuk melihat pemandangan!
kapal ini dibuat seutuhnya memakai kayu, dan disampingnya biasa di pasang beberapa ban bekas yang berguna untuk menyeimbangkan kapal apabila terkena hantaman ombak!
mesin yang digunakan kapal ketek ini menggunakan mesin yang apabila dihidupkan mengeluarkan suara tek….teke…tek….teke..tek, oleh karna itulah disebut perahu ketek!

untuk mengendalikan arah berjalannya perahu ketek menggunakan setir yang bentuknya mirip setir mobil. karna perahu ketek ini terbuat dari kayu, maka dibawah tempat duduk penumpang akan dibanjiri oleh air yang masuk lewat celah2 papan kayu perahu ketek, untuk itu ada sebuh pompa air kecil yang dipasang di bawah dan dilengkapai selang untuk mengeluarkan air didalam perahu. tapi ada juga perahu ketek yang tidak menggunakan mesin untuk mengeluarkan air di dalam perahunya melainkan menggunakan gayung yang berfungsi untuk menimba air keluar dalam perahu ketek!
untuk naik perahu ketek syaratnya adalah!
1.pada saat perahu ketek berjalan jangan banyak2 bergerak!
2.usahakan untuk selalu menyeimbangkan perahu!
3.untuk yang tidak bisa berenang banyak2 lah berdoa dan menyiapakan pelampung!
wekeekekekekekekekekekekek!
foto saya ambil di BKB (benteng kuto besak) palembang!
sekian postingan edisi jumat cuci mata!
arivederci!
note: sekarang ini kapal ketek sudah ada yang dijadikan warung nasi…jadi pada saat anda kelaparan dalam melintasi sungai musi sudah ada warung nasi ketek!




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar